Selasa, 19 Juni 2012

jesus navas antarkan spanyol ke perempat final




HASIL PERTANDINGAN EURO 2012 GROUP C-antara juara bertahan spanyol vs kroasia.duel laga pamungkas group c kali ini berlangsung dramatis.setelah gol telat jesus navas di menit ke 88' akhirnya memaksa kroasia untuk angkat koper dari perhelatan euro 2012.
Kroasia dan Spanyol harus saling jegal, atau seperti yang sempat dikhawatirkan Italia, saling bantu di matchday 3 Grup C Euro 2012. Pertandingan ini dilangsungkan di Gdansk Arena, Selasa (19/6).


Mendominasi dari awal hingga akhir, Spanyol baru mampu menjebol gawang Kroasia dua menit menjelang waktu normal habis. Jesus Navas yang bermain sebagai pemain pengganti berhasil mencetak satu-satunya gol di laga ini.


Kroasia secara umum tampil bagus meski terus dikepung serangan-serangan Spanyol. Mereka bertahan dengan baik dan mampu melakukan serangan balik cepat yang sempat memaksa Iker Casillas pontang-panting mengamankan gawangnya.  Namun akhirnya Spanyol berhasil membuktikan bahwa kedua tim berada di level yang berbeda.


Tim Matador punya banyak peluang bagus. Di babak pertama, David Silva berkali-kali melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan. Sayang bagi Spanyol, penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka gagal mengoyak gawang Pletikosa.


Kroasia banyak mengancam lewat serangan-serangan balik cepat lewat sisi sayap. Kroasia sepertinya ingin memaksimalkan kelebihan mereka di udara dengan beberapa kali mencoba mengirim umpan silang.


Sempat terjadi kontroversi di menit 26. Mandzukic yang bersiap melakukan tembakan ditekel dari belakjang oleh Sergio Ramos. Ramos memang mendapat bola, tapi ia juga menghajar kaki Mandzukic. Selain itu, kaki Ramos juga terlihat terlalu tinggi.


Wasit memutuskan bahwa itu bukanlah pelanggaran, dan hanya menghadiahkan sepak pojok kepada Kroasia.


Hingga babak pertama usai, kedua tim masih belum ampu mencetak gol.


Sadar butuh kemenangan, Slaven Bilic mulai melakukan pergantian pemain. Bilic memasukkan 3 penyerang di babak kedua. Berturut-turut, Jelavic dan Eduardo masuk menemani Mandzukic.


Serangan Kroasia yang sporadis memang nampak lebih berbahaya, terutama lewat bola-bola atas. Beberapa kali Casillas dipaksa melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan-tembakan pemain Kroasia. Luka Modric mulai terlihat kreatif di babak kedua dengan mengirm umpan-umpan penting bagi Kroasia.


Vicente Del Bosque merespon pergantian lawan dengan menarik keluar Fernando Torres dan menggantikannya dengan Jesus Navas.


Ternyata pergantian ini terbukti efektif karena Navas mampu memecahkan kebuntuan dua menit menjelang waktu normal usai. Iniesta yang lepas dari jebakan offside menerima umpan manis dari Cesc Fabregas. menyingkirkan ego, Iniesta mengirim bola untuk Jesus Navas yang berdiri lebih bebas.


Selesai sudah perjuangan Kroasia karena, di laga lain, Italia menang atas Irlandia dengan skor 2-0. Spanyol berhak lolos dengan predikat juara Grup C. Italia menjadi runner up, dan Kroasia harus tersingkir karena hanya menghuni peringkat tiga.


Susunan pemain Kroasia: Pletikosa, Strinić, Ćorluka, Schildenfeld, Vida (Jelavic 66'), Pranjić (Perisic 65'), Rakitić, Vukojević (Eduardo 81'), Modrić, Srna, Mandžukić.


Susunan pemain Spanyol: Casillas, Piqué, Ramos, Arbeloa, Alba, Iniesta, Xavi (Negredo 89'), Alonso, Busquets, Silva (Fabregas 73'), Torres (Navas 61').


Statistik Kroasia - Spanyol
Penguasaan bola: 28% - 72%
Shot (on goal): 7 (3) - 15 (8)
Corner: 4 - 11
Pelanggaran: 21 - 16
Offside: 0 - 1
Kartu kuning: 6 - 0
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 7 - 3


Pencetak gol: Navas (88')


Kartu kuning: Corluka (27'), Srna (44'), Strinic (53'), Mandzukic (89'), Jelavic (90'), Rakitic (90')

0 komentar:

Posting Komentar