Selasa, 12 Juni 2012

EURO 2012- hasil pertandingan ukraina vs swedia



Pertandingan Ukraina kontra Swedia pada matchday 1 Grup D Euro 2012 di Olympic Stadium, Kiev, Selasa (12/6), berkesudahan 2-1. Shevchenko dua gol, Ibrahimovic satu.


Ini merupakan penampilan pertama Ukraina di Piala Eropa dan menjadikan mereka satu-satunya debutan di Euro 2012.  Beberapa pemain sang co-host yang sebelumnya 'terkapar' akibat keracunan makanan kini sudah pulih dan bisa dimainkan.


Swedia turun di pertandingan ini dengan modal empat kemenangan dalam empat uji coba terakhir serta delapan kemenangan dalam sepuluh laga kualifikasinya.


Ukraina memakai formasi 4-4-2 dengan duet Andriy Shevchenko-Voronin di lini depan, sedangkan Swedia menerapkan pola 4-2-3-1 dengan Zlatan Ibrahimovic sebagai ujung tombak utama.


Bisa dibilang, ini merupakan duel antara mantan striker dengan striker terkini AC Milan, Sheva kontra Ibra.


Sepanjang 45 menit babak pertama, Ibrahimovic cukup merepotkan barisan pertahanan Ukraina, baik dengan power, ball control, body balance, akselerasi, operan maupun tembakannya.


Shevchenko dan Ibrahimovic sama-sama memiliki sebuah peluang emas untuk membawa timnya unggul di babak pertama, tapi gagal memaksimalkannya. Tendangan Sheva masih menyamping, sedangkan sundulan Ibra menerpa tiang gawang.


Kebuntuan pecah di menit ke-52 ketika sontekan Ibrahimovic meneruskan crossing mendatar Kallstrom dari sektor kiri berhasil menembus gawang Ukraina.


Keunggulan Swedia tidak bertahan lama. Tiga menit setelah gol Ibra, Ukraina berhasil membalas, pencetak golnya siapa lagi kalau bukan Shevchenko. Sheva membuktikan bahwa apa yang bisa dilakukan oleh Ibra juga bisa dilakukannya. Sundulannya memanfaatkan umpan silang Yarmolenko menghunjam gawang Swedia, dan kedudukan pun kembali imbang.


Enam menit berselang, Ukraina berbalik memimpin, lagi-lagi berkat sundulan Shevchenko, dan kali ini via tendangan penjuru Konoplyanka.


Pada menit ke-81, Shevchenko digantikan oleh Milevsky. Sang kapten pun melangkah ke tepi lapangan dengan diiringi sambutan meriah publik tuan rumah.


Elmander mendapatkan satu peluang bersih pada menit-menit akhir pertandingan setelah Ibra berhasil meloloskan sebuah umpan chip ke depan gawang Ukraina, tapi finishing yang kurang tenang membuat bola melayang di atas mistar.


Setelah itu, tidak ada gol lagi yang tercipta. Ukraina kini memimpin Grup D dengan tiga angka, di atas Prancis dan Inggris, yang beberapa jam sebelumnya bermain imbang 1-1 di Donbass Arena, Donetsk.


Statistik Ukraina - Swedia
Penguasaan bola: 55% - 45%
Shot (on goal): 13 (3) - 12 (4)
Corner: 3 - 2
Pelanggaran: 12 - 20
Offside: 2 - 1
Kartu kuning: 0 - 2
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 3 - 1


Susunan pemain Ukraina: Pyatov; Selin, Khacheridi, Mykhalyk; Tymoshchuk (c), Husyev, Nazarenko, Konoplyanka; Shevchenko (Milevsky 81'), Voronin (Rotan 85'), Yarmolenko.


Susunan pemain Swedia: Isaksson; Lustig, Mellberg, Granqvist, Martin Olsson; Elm, Sebastian Larsson (Wilhelmsson 68'), Kallstrom, Toivonen (Svensson 62'); Ibrahimovic (c), Rosenberg (Elmander 71').


Pencetak gol:
52' (0-1) Ibrahimovic
55' (1-1) Shevchenko
61' (2-1) Shevchenko


Kartu kuning: Kallstrom (11'), Elm (83').


Pada matchday 2 yang dijadwalkan berlangsung Jumat (15/6) mendatang, Ukraina akan menghadapi Prancis, sedangkan Swedia berduel melawan Inggris.

0 komentar:

Posting Komentar