Jumat, 08 Juni 2012

jelang pembukaan euro 2012 warsawa



Persiapan Jelang Pembukaan Euro 2012 Nanti Malam - Opening Ceremony Euro 2012 menunggu hitungan jam. Ibukota Polandia, Warsawa, bersiap menyambut pesta akbar pembukaan kompetisi sepakbola terbesar antarnegara Eropa. Beberapa jalanan protokol di ibukota pun mulai ditutup.


Penutupan dilakukan sejak Rabu (6/6/2012) sore. Beberapa kendaraan umum dan pribadi yang melintasi beberapa jalanan protokol yang menghubungkan pusat kota dengan National Stadium hanya boleh dilewati oleh kendaraan berlogo resmi Euro dan kendaraan petugas keamanan.
Penutupan dimulai dari kawasan Seska Kepa yang tepat berada di depan stadion terus berlanjut hingga ke jembatan Sungai Vistula kawasan pusat, Palace Culture, yang jaraknya sekitar 10 kilometer dari stadion tempat pembukaan.


Petugas keamanan yang sebelumnya tidak ada kini sudah mulai disiagakan di beberapa pinggiran jalan yang menghubungkan setiap akses masuk ke stadion berkapasitas 60 ribu penonton tersebut. Para pengendara kendaraan yang biasa melintasi kawasan ini dibelokkan ke jalur-jalur alternatif.
Dari pantauan Tribun di sekitaran stadion, hanya pejalan kaki dan pengendara sepeda yang diijinkan untuk melewati kawasan yang biasanya jadi tempat paling sibuk warga Warsawa berlalu-lalang di sekitaran area itu.


Dampak yang sangat terasa dari penutupan jalan ini adalah di kawasan Centrum atau pusat kota. Ini adalah kawasan paling padat di Warsawa. Di depan Palace Culture yang biasanya diberlakukan dua jalur, sejak kemarin sore sudah mulai diberlakukan satu jalur.
Akibatnya perempatan-perempatan jalan yang biasanya memang sudah padat setiap sore kini makin padat dan menyebabkan kemacetan.
Palace Culture sebenarnya kawasan yang cukup jauh dari stadion tapi kawasan ini tetap mendapat pengawasan karena jadi pusat berkonsentrasinya para suporter.
Aparat kemanan Polandia memang memperketat setiap sudut kota Warsawa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jelang pembukaan Euro 2012. Nyaris di setiap pinggiran jalan kini dijaga oleh aparat kemanan berseragam serba hitam.
Namun demikian, aparat ini tetap kooperatif terhadap suporter dari berbagai negara yang sudah mulai berdatangan ke Warsawa. Kawasan pusat fans zone Palace Culture saat ini memang jadi pusat berkumpulnya para suporter.
Di tempat ini nyaris setiap saat akan ditemui suporter dari berbagai negara bergerombol dengan mengenakan seragam tim dari negara masing-masing. Namun demikian, mereka belum diijinkan masuk area fans zone karena masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.
Opening Ceremony Euro 2012 akan dibuka pada Jumat (8/6/2012) di National Stadium. Pembukaan akan mengedepankan nilai-nilai Euro: persatuan, persaingan, dan semangat. Pertunjukan hanya digelar 20 menit, sebelum pertandingan perdana antara tuan rumah Polandia lawan Yunani dari Grup A.
Rangkaian pembukaan akan diawali aksi 12 menit yang mengetengahkan warisan serta inovasi untuk membawa olahraga dan budaya bersama-sama. Ini juga menandai berawalnya Piala Eropa pertama di Eropa Timur.
Kemudian, pemain piano klasik dari Hungaria, Adam Gyorgy, akan tampil membawakan karya Chopin, yakni Chopin Etude dalam minor (Op. 25 Nr. 11). Gyorgy bukan orang asing dalam sepakbola. Dia suporter sepakbola dan pernah menjadi pemain.
Pembukaan juga akan menampilkan koreografi masal yang melibatkan 800 penari relawan dan relawati. Mereka datang dari 63 negara di seluruh dunia.
Pada upacara pembukaan nanti, puluhan ribu penonton dipastikan memadati National Stadium maupun sudut-sudut kota Warsawa. Itulah sebabnya aparat keamanan Polandia melakukan penjagaan ketat.


Sumber: info-asik.com

0 komentar:

Posting Komentar