Jumat, 11 Mei 2012

Barca Bela Messi Terkait Tudingan Rasis



Bola.net - Pihak klub Barcelona merasa perlu untuk membela pemain bintang mereka Lionel Messi dari tudingan rasis yang diarahkan kepada sang Messiah. Royston Drenthe menuduh Messi menyebutnya dengan kata-kata rasis saat dia masih bermain di Spanyol.

Drenthe yang saat ini membela Everton sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid mengungkapkan hal itu beberapa waktu yang lalu. Drenthe mengatakan kepada majalah Belanda Helden bahwa Messi menyebutnya dengan kata-kata 'negro'.


Kubu Barcelona membuat pernyataan resmi untuk mempertahankan nama baik mega bintangnya itu. Pihak klub merasa tuduhan itu 'sangat tidak tepat'.


Juru bicara Barcelona mengatakan kepada Press Association Sport "Lionel Messi selalu menunjukkan respek tinggi dan sportifitas kepada semua lawannya. Hal itu sudah diakui oleh banyak pemain dari klub-klub lain."


"Kami yakin bahwa tudingan rasis terhadap Messi merupakan hal yang tidak tepat. Tingkah laku Messi sepanjang karirnya selalu patut dicontoh."


Sejatinya, kata 'negro' merupakan hal yang lazim diucapkan oleh penduduk Amerika Selatan yang multiras. Kata itu bukan dimaksudkan sebagai hinaan atau tindakan rasisme namun lebih sebagai pengganti kata 'sobat'.


Perbedaan kultur antara Amerika Selatan dan Eropa itulah yang justru menjadi masalah. Orang Eropa sangat sensitif dengan kata 'negro' yang menurut mereka adalah merupakan tindakan rasisme. (idp/hsw)

0 komentar:

Posting Komentar