Senin, 07 Mei 2012

EURO 2012 - collina layangkan peringatan



WARSAWA - Ketua Wasit UEFA Pierluigi Collina mengirimkan sinyal peringatan kepada para pemain yang akan berlaga di Euro 2012 agar tidak protes berlebihan terhadap wasit saat pertandingan berlangsung. Sebab, menurut dia tindakan tersebut bisa berbuah ganjaran kartu.

 Wasit yang terkenal tegas selama berkarier sebagai wasit sebelum memutuskan pensiun pada 2005 ini meminta para pemain menghormati para wasit.

“Pemain akan diinformasikan untuk tidak saling berdesakan. Wasit tahu jika mereka dikelilingi oleh pemain. Kartu kuning akan menjadi senjata,” kata Collina, seperti dikutip Sports.ndtv, Kamis (3/5/2012).

Hal tersebut menurut Collina merupakan sesuatu yang terlarang di lapangan.Dia memperingatkan bahwa wasit akan memberikan perhatian serius kepada pemain yang menjadi ‘provokator’ di lapangan.

“Kami tidak ingin memiliki 20 pemain yang terlibat dalam sebuah konflik. Pemain harus sadar, karena ini bukanlah sesuatu yang baru jika konflik timbul di lapangan pertandingan. Setidaknya dua kartu kuning akan diberikan untuk sang pencetus konflik,” tegasnya.

Sebanyak 80 ofisial pertandingan yang akan diturunkan dalam turnamen nanti dikumpulkan selama satu pekan di Warsawa, Polandia. Mereka termasuk 12 wasit, dari Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Hungaria, Italia, Portugal, Skotlandia, Slovenia, Spanyol, Swedia dan Turki.

Collina juga mengungkapkan bahwa para wasit akan menjalankan tes kesehatan dan pelatihan teori dan praktek tentang perwasitan secara intensif. Tes dan pelatihan ini akan membantu para wasit untuk mengambil keputusan yang benar saat menjalankan tugas.

“Tujuan utama untuk mencapai puncak adalah menjaga para pemain. Hormat juga berarti melindungi keselamatan pemain. Kami selalu mengingatkan para wasit untuk sangat berhati-hati dalam menyikapi pelanggaran yang dapat menimbulkan masalah. Ini akan membahayakan keselamatan para pemain,” ucap Collina.

Collina nampaknya juga lebih senang melihat ada tambahan dua hakim garis yang selama ini sudah diterapkan selama Liga Champions. Menurut dia, banyak keputusan bagus dalam pertandingan karena sistem eksperimen itu dipakai.

Saat ditanya apakah ia mendukung untuk menggunakan video dalam menyelesaikan keputusan wasit yang diperdebatkan, Collina berujar bahwa tambahan ofisial sepertinya menjadi solusi yang lebih baik saat ini.

Nama-nama ofisial dalam 12 pertandingan pertama akan dipublikasikan tiga hari sebelum dimulainya Euro 2012.


0 komentar:

Posting Komentar