Jumat, 04 Mei 2012

kalahkan bilbao madrid tak terkejar



Real Madrid menumbangkan Athletic Bilbao dengan skor 3-0 di San Mames, Kamis (03/5), dan sukses mengunci gelar juara La Liga 2011/12.


Bilbao (7), yang memenangi enam dari sembilan pertandingan kandangnya di La Liga, tidak bisa diperkuat gelandang Ander Iturraspe dan Ander Herrera (skorsing).

Madrid (1), yang tak terkalahkan dalam 20 pertandingan terakhir di La Liga (menang 17x, imbang 3x), tak bisa menurunkan winger Angel Di Maria yang terkena akumulasi lima kartu kuning.


Madrid unggul 2-0 di babak pertama lewat gol-gol yang diciptakan oleh Gonzalo Higuain dan Mesut Ozil.


Gol Higuain itu tercipta pada menit ke-16 atau empat menit setelah Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi penalti yang diberikan oleh wasit menyusul handball Javi Martinez di area terlarang.


Ozil menggandakan keunggulan Madrid pada menit ke-20 memanfaatkan umpan silang mendatar Ronaldo dari sayap kanan.


Tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan pasukan Mourinho di babak kedua kembali membuahkan hasil. Ronaldo sukses membayar kegagalan penaltinya dengan mencetak gol ketiga Madrid memanfaatkan tendangan penjuru Alonso.


Bilbao semakin tertekan pada menit ke-73 karena harus bermain dengan 10 orang setelah Martinez mendapatkan kartu kuning kedua akibat pelanggarannya terhadap Sergio Ramos.


Unggul jumlah pemain, Madrid pun semakin leluasa mengatur permainan, mengurung lini pertahanan Bilbao dan memaksa mereka bertahan sepihak.


Skor 3-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan dan Madrid pun sukses mengunci gelar juara La Liga, karena sang juara bertahan Barcelona dipastikan tak bisa menggeser mereka lagi dengan selisih poin yang sekarang (94-87) dalam dua pertandingan tersisa.


Selain itu, arsitek Madrid, Jose Mourinho, kini menjadi pelatih pertama dalam sejarah yang sanggup memenangi empat liga utama Eropa (Portugal, Inggris, Italia serta Spanyol).


Statistik Bilbao - Madrid
Penguasaan bola: 51% - 49%
Shot (on goal): 11 (2) - 18 (10)
Corner: 4 - 8
Pelanggaran: 13 - 20
Offside: 3 - 4
Kartu kuning: 3 - 5
Kartu merah: 1 - 0
Penyelamatan: 7 - 2


Susunan pemain Bilbao: (4-3-3): Iraizoz; Ekiza, San Jose, Martinez, Aurtenetxe; De Marcos, Perez, Susaeta; Ibai, Llorente, Toquero.
Cadangan: Fernandez, Ramalho, Iraola, Gabilondo, De Galaretta, Lopez, Koikili.


Susunan pemain Madrid: (4-2-3-1): Casillas; Arbeloa, Pepe, Ramos, Coentrao; Khedira, Alonso; Callejon, Ozil, Ronaldo; Higuain.
Cadangan: Adan, Albiol, Marcelo, Varane, Granero, Kaka, Benzema.


Pencetak gol:
16' (0-1) Higuain
20' (0-2) Ozil
50' (0-3) Ronaldo


Kartu kuning: Martinez (12'), Ramos (13), Coentrao (36'), San Jose (38'), Toquero (45'), Arbeloa (65'), Alonso (69'), Martinez (73'), Ozil (78'), Perez (85').


Kartu merah: Martinez (73')


Top scorer sementara:
46 Messi (Barcelona)
44 Ronaldo (Madrid)


Dua pertandingan penutup musim masih menunggu Madrid, yaitu tandang ke markas Granada (05/5) dan menjamu Mallorca di Santiago Bernabeu (13/5). Target mereka kini adalah meraih total 100 poin dalam satu musim.


Sebagai penutup, selamat untuk Real Madrid atas gelar juara liganya yang ke-32. (bola/gia)

0 komentar:

Posting Komentar