Minggu, 13 Mei 2012

Review: Bekuk Bayern, Dortmund Rebut Piala Jerman



Borussia Dortmund melanjutkan dominasinya di Jerman setelah berhasil menaklukkan Bayern Munich 5-2 dan merebut trofi Piala Jerman, Minggu (13/5) di Olympiastadion Berlin.

Kedua tim mengawali laga dengan permainan cepat, dan saling terbuka. Namun ternyata Dortmund yang berhasil unggul terlebih dahulu dengan memanfaatkan kesalahan pemain belakang Bayern. Kesalahan koordinasi di lini belakang Die Rotten dimaksimalkan oleh Shinji Kagawa untuk membawa Dortmund unggul 3 menit setelah laga berjalan.


Gol Kagawa seakan membangunkan pasukan Jupp Heynckes itu untuk meningkatkan serangan. Tapi Bayern baru bisa mengejar ketertinggalan di menit ke-25 melalui eksekusi penalti Arjen Robben. Wasit memutuskan untuk memberikan hadiah penalti setelah Mario Gomez dijatuhkan kiper Roman Weidenfeller di kotak terlarang.


Kedudukan imbang membuat jalannya laga berlangsung semakin seru. Dortmund yang tetap tampil pede menyerang kembali unggul di menit ke-41 melalui eksekusi penalti Martin Hummels.


Kembali unggul 2-1 membuat semangat pemain Dortmund semakin gencar keluar menyerang. Hasilnya menjelang turun minum atau tepatnya di menit ke-46, Dortmud berhasil menggandakan keunggulan melalui Robert Lewandowski yang memaksimalkan umpan terobosan Shinji Kagawa. Skor 3-1 bertahan hingga turun minum.


Di babak kedua, Bayern dibuat semakin pusing dengan performa impresif Dortmund. Alih-alih mengejar defisit gol, gawang Manuel Neuer kembali dijebol Robert Lewandowski untuk yang keempat kalinya. Kagawa memimpin serangan balik, memberikan bola kepada Grosskreutz, yang kemudian melepaskan umpan kepada Lewandowski. Dengan tenang striker asal Polandia itu melesakkan bola melewati penjagaan Neuer.


Bayern berupaya bangkit dan kali ini bermain lebih teratur. Perlahan tapi pasti pasukan tim Bavaria ini mengambil kendali permainan hingga akhirnya Franck Ribery mencetak gol guna mengejar ketertinggalan di menit ke-76. Winger asal Prancis itu berhasil membuka ruang untuk dirinya sendiri sebelum melepas tendangan kaki kiri yang berhasil melewati penjagaan Langerak dan bersarang di pojok bawah gawang.


Namun di saat asa Bayern mulai bangkit, mereka kembali menelan pil pahit. Lima menit usai gol Ribery, giliran Robert Lewandowski mencetak hattrick-nya di menit ke-81. Neuer berhasil menghalau bola namun kemudian membuat bola jatuh ke kaki Piszczek yang lantas melepas umpan silang di depan gawang guna disambut oleh Robert Lewandowski.


Di sisa waktu pertandingan, Bayern tidak bisa berbuat banyak untuk mengejar ketertinggalan mereka. Dan skor 5-2 bertahan hingga wasit Gagelmann meniup peluit panjang. Borussia Dortmund menjadi penguasa Jerman dengan meraih double winners di musim ini.


Susunan Starter Kedua Tim:
Borussia Dortmund: Weidenfeller (Mitchell Langerak 34'); Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer; Gundogan, Kehl; Kuba, Kagawa, Grosskreutz; Lewandowski.


Bayern Munich: Neuer; Lahm, Boateng, Badstuber, Alaba; Schweinsteiger, Gustavo; Robben, Kroos, Ribery; Gomez.(bola/mac)

0 komentar:

Posting Komentar