Senin, 21 Mei 2012

Cristiano Ronaldo Tumpuan Utama Portugal di Euro 2012



Jika Cristiano Ronaldo dapat membawa ketajamannya dalam mencetak gol saat membela Real Madrid ke Euro 2012, para penggemar Portugal dapat berharap bahwa timnya akan lolos dari grup yang berat.
Jerman, Belanda, dan Denmark (ketiganya pernah menjadi juara di Euro) bergabung dengan negara Iberia ini di Grup B dan membuat Ronaldo serta rekan-rekannya harus berpikir keras untuk dapat lolos dari fase grup.


Meski pasukan Paulo Bento sudah semakin membaik sejak ditangani mantan gelandang ini, finalis Euro 2004 ini dapat mengandalkan bakat Ronaldo, di mana kelincahannya saat ini sangat sulit dihentikan pihak lawan.


Ronaldo baru saja menjalani salah satu musim terbaiknya dengan Real. Bahkan meski eksplosifitasnya tidak cukup untuk menyingkirkan Bayern Munich di semifinal Liga Champions, di mana ia gagal menyarangkan gol saat adu tendangan penalti, ia sempat mencetak satu gol pada pertandingan itu.


Gol ke-54nya pada musim ini di semua kompetisi yang dicetak di Nou Camp pada bulan lalu, telah mengakhiri daya tahan Barcelona pada pertarungan meraih gelar juara Liga Spanyol, ketika ketajamannya sempat melebihi mesin gol Barcelona, Lionel Messi, yang belakangan lebih banyak mencetak gol darinya di Liga Spanyol.


Dan Ronaldo, yang telah menambahkan mahkota gelar juara Liga Spanyol ke dalam catatan tiga gelar juara Liga Utama Inggris yang ia menangi di Old Trafford, dapat menjadi poin bahwa ia merupakan satu-satunya pemain yang dapat mencetak gol ke gawang 19 lawan di liga pada musim yang sama.


Kini di level internasional, pemain 27 tahun ini tetap belum meraih trofi bergengsi melalui caranya menggiring bola tersebut, yang membuat namanya dikenal banyak orang saat membela Manchester United.


Bintang Portugal ini melakukan debut internasionalnya pada Agustus 2003, dan mendapat tempat di tim inti ketika negaranya menjadi tuan rumah Euro 2004.


Ia mencetak dua gol pada turnamen tersebut, termasuk gol kemenangan di semifinal saat menghadapi Belanda, namun baik ia atau rekan-rekan setimnya tidak dapat menemukan cara untuk membobol gawang Yunani, yang mengejutkan tuan rumah di partai final.


Saat masih bermain di United, Ronaldo berhasil menyingkirkan Inggris pada Piala Dunia 2006, di mana ia mengalahkan rekan seklubnya saat itu, Wayne Rooney, pada perempat final yang merupakan ulangan perempat final Euro 2004.


Kemudian, seperti saat ia gagal mendapatkan tambahan energi untuk mengalahkan Yunani, Ronaldo kembali menderita kesedihan di timnas ketika Portugal dikalahkan Prancis di semifinal, dan sempat terlibat ketegangan saat Rooney mendapat kartu merah.


Euro 2008 membawa kekecewaan saat ia hanya mencetak satu gol dan Portugal disingkirkan Jerman di perempat final, sedangkan pada Piala Dunia 2010, ia juga gagal memperlihatkan kehebatannya di level klub, saat Seleccao dikalahkan Spanyol pada babak 16 besar.

0 komentar:

Posting Komentar