Sabtu, 19 Mei 2012

FOKUS: Panduan Lengkap Munich - Kota Penyelenggara Final Liga Champions 2012


Pada akhir pekan ini, semua pandangan tertuju ke Alianz Arena ketika Bayern Munich berhadapan dengan Chelsea di final Liga Champions. Munich sangat pantas untuk menggelar ajang itu, mengingat banyak hal yang ditawarkan kota itu. Makin dekatnya pertarungan dua raksasa Eropa, kami mencoba untuk memberikan bimbingan mengenai ibukota Bavaria itu.
Dari Odeonsplatz Hingga Istana Nymphenburg


Mari kita mulai dari atraksi pariwisata utama. Pertama adalah Odeonsplatz, yang terletak di pusat sejarah Munich. Kita bisa melihat Hofgarten secara dekat, dimana Anda bisa merasa nyaman dengan menjauhi hiruk-pikuk kota. Area di Neuhausen-Nymphenburg cukup terkenal, bukan hanya karena Istana Nymphenburg, tapi memang layak untuk dikunjungi. Munich mempunyai sejumlah tempat sunyi yang ditawarkan, membuat kota itu memiliki keunikan. Maximiliansanlagen terlat di sisi timur sungai Isar, dan 30 hektar taman menjadi pusat kegiatan olahraga. Tempat ini memperlihatkan pemandangan indah mengenai sejarah kota.


'Taman Inggris' merupakan taman yang terletak di tengah kota, dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Taman itu meliputi jaringan jalanan sepanjang 78 kilometer, di mana pengunjung bisa berolahraga dan saling bertemu untuk kegiatan sepakbola di sejumlah lapangan rumput. Di salah satu sisinya, warga bisa mendapatkan sebuah taman bir kedua yang mampu menampung 7.000 pengunjung. Sebagai tambahan, ada taman bir lainnya, Seehaus, sebuah restoran untuk kalangan menengah ke atas.


Atraksi Pariwisata


Munich memiliki sejumlah kawasan wisata yang dapat dikunjungi. Para pengunjung bisa melihat panorama luar biasa Alps dari Funf-Seen-Land. Frauenkirche dan Alte peter menawarkan pemandangan indah kota, termasuk 'Marienplatz', pusat kota. Tempat ini akan menjadi pusat perayaan jika Bayern mengalahkan Chelsea. Maximiliansanlagen terletak di jantung kota Munich, dan disebut-sebut sebagai jalan terbaik di kota. Ada kesempatan bagi para turis bertemu dengan selebriti ketika sedang berbelanja. Fans juga mengenal hotel Kempinski 'Vierjahreszeiten' sebagai tempat pertunjukan Sport1-Doppelpass.


Hofbrauhaus dan Platzl yang termasyhur merupakan salah satu tempat terkenal, dan tak mudah dilupakan, serta mampu menarik kehadiran turis lokal maupun asing. 'Bierpalast' menawarkan berbagai macam ruangan.


Tur Stadion


Keunikan stadion juga menjadi salah satu ciri kota Bavaria selama beberapa tahun. Arena akan menjadi pusat perhatian, baik di dalam maupun di luar. Ada kesempatan untuk menjalani tur di Allianz Arena. Mengunjungi pusat latihan klub di Sabener Strasse menjadi pilihan lain. Dua tim finalis akan berlatih di sini, dan bintang-bintang Bayern akan senang untuk membubuhkan tanda tangan kepada fans di hari tertentu.



Tempat Nonton Bareng

Bagi mereka yang baru berpikir mencari tempat untuk menyaksikan laga final di area publik, sudah terlambat. Stadion lama, Olympiastadion, mampu menampung 65 ribu fans. Namun tiket di tempat ini habis terjual dalam beberapa hari. Tempat nonton bareng lainnya adalah Theresienwiese yang mampu menampung 30 ribu orang. Tiket di tempat ini juga sudah habis terjual.

Mulai 16 hingga 19 Mei, festival Liga Champions akan digelar di Olympiapark. Event itu tidak dipungut bayaran, dan menampilkan sejumlah kegiatan seperti, museum UEFA,   Theatre of Champions UEFA, klinik skill, dan kursus kepelatihan, serta pertandingan antara mantan bintang Bayern dan pemain top lainnya pada 19 Mei siang waktu setempat.


Banyak pub dan bar yang telah habis dipesan selama beberapa pekan, dan bagi mereka yang masih ingin mencari tempat menyaksikan laga final butuh keberuntungan. Ada sedikit tempat dimana fans masih bisa beruntung, yakni di taman bir Augustinerkeller, Chinesischer Turm, Muffatwerk, taman bir Seehaus, Hofbraukeller, Koniglicher Hirschgarten dan Paulaner am Nockherberg. Sebagai tambahan, ada sejumlah bar berciri khas olahraga yang bisa didatangi, diantaranya Odeonsplatz yang menjadi basis fans Inggris berbagi kegembiraan. Yang pasti, setiap sudut kota Munich akan dipadati penonton untuk menyaksikan laga final.

Seluruh tamu kota ini dijamin mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka bisa mengunjungi restoran all you can eat, atau pergi ke tempat lebih indah. Di BattyBaristas, Mamasita, Baader Cafe atau News Bar, pengunjung bisa memesan sarapan hingga siang hari. Menu lainnya juga tersaji. Hal khusus tentang Mamasita adalah itu sebuah tempat pesta makanan di mana Anda dapat menyantap menu klasik. Anda dapat memesan sayap ayam, tortilla, burger, pizza dan menu lainnya pada restoran Tex-Mex. Harga makanan juga terjangkau.

Pilihan menu sore dan malam hari juga cukupn banyak. Mulai dari makanan Asia hingga hidangan khas Bavaria, dan dari Italia hingga Afrika. Hugo layak dikunjungi dengan suasana yang modern dan nyaman. Pengunjung bisa memesan pizza yang dipanggang di oven batu seharga €6,50-14,50. Selain menyajikan menu Italia, restoran juga berfungsi sebagai bar dan lounge. Franck Ribery dan teman-teman di antara para tamu di tempat yang terkenal tersebut. Selain itu, l'Osteria terletak di sebelah balai kota. Konsumen dapat memesan pizza besar dalam suasana yang sangat menyenangkan, dan sebagian besar tamu didominasi kaum muda. Kaffehaus menawarkan pemandangan bebas pada Sabtu, dan menyadikan saos klasik diantara menu lain.

Tempat-tempat itu hanya segelintir saran yang bisa diberikan. Tentu saja masih masih ada lebih banyak bar dan restoran di mana pengunjung dapat menikmati makan malam yang menyenangkan dalam suasana yang tenang. Sekali lagi, dianjurkan untuk memesan meja lebih dulu, mengingat kota ini didatangi banyak pelancong setelah terakhir kali pada Piala Dunia 2006.

Harga Kamar Hotel Naik

Sedikitnya 400 hotel menawarkan banyak kamar. Namun permintaan yang tinggi dibandingkan selama Oktoberfest. Di momen seperti ini, hampir sulit mencari kamar tersisa dengan harga yang bervariasi antara €200 dan €1000 per malam. Dengan situasi seperti, kenaikan harga dipastikan terus meningkat.

Di samping 65 ribu fans yang menyaksikan langsung di stadion, diharapkan empat kali lipatnya menonton laga tersebut di lokasi umum. Sebuah kamar di hotel bintang tiga Preysing mencapai harga €295, sementara hotel bintang empat Maria Munich menetapkan tarif €999. Secara keseluruhan, harga hotel di Munich memang tidak murah. Kendati demikian, Hilton dan Bayrischer Hof bakal dikunjungi banyak tamu pada akhir pekan. Dinas pariwisata setempat memperkirakan 140 ribu pengunjung akan datang di hari itu, dan 40 ribu diantaranya menginap, seperti dilansir Welt. Diperkirakan 30 ribu fans dari Inggris akan tiba. “Hotel-hotel di Munich sebagian besar sudah dipesan,” ujar juru bicara Astrid Gansen.

Kemacetan Tak Terelakan

Sarana transportasi publik juga bakal lebih padat dibandingkan sebelumnya, demikian pesan yang disampaikan perusahan transportasi di Munich, MVG. Pada Sabtu, perusahaan ini menambah tenaga bantuan sebanyak 160 pekerja, dan jumlah kereta lebih banyak 20 dari hari biasanya. “Kami akan maksimal untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Tapi Anda bisa mencapai batas maksimum di saat tertentu,” kata ketua MVG Herbert Konig. Disarankan agar pengunjung menggunakan sepeda.

Kepolisian juga akan mengerahkan 2.000 petugas untuk menjamin keamanan. Pusat kota seperti Olympiapark, Theresienwiese, Odeonsplatz dan Ludwigstrasse bisa saja ditutup untuk arus lalu lintas di malam pertandingan.

Persiapan untuk final di kandang sudah berusaha dimaksimalkan. Allianz Arena dan kota Munich bakal memberikan fans sepakbola keunikan dan pengalaman yang tak akan terlupakan.




0 komentar:

Posting Komentar