Rabu, 06 Juni 2012

indonesia tahan imbang philipina



Bola.net - Indonesia berhasil menahan imbang tuan rumah Filipina dengan skor 2-2. Meskipun gagal memenuhi target meraih kemenangan, namun hasil tersebut patut disyukuri oleh Indonesia dengan persiapan yang minim dan hanya membawa 16 pemain


Indonesia yang menurunkan duet Irfan Bachdim dan Patrich Wanggai lebih sering menanti pada awal babak pertama. Hasilnya Indonesia harus melihat pertahanan mereka lebih banyak ditekan oleh tuan rumah.


Beberapa kali Filipina mampu menciptakan peluang bagus untuk membawa tuan rumah unggul. Beruntung Indonesia memiliki kiper Markus Horison yang sigap menghalau setiap serangan tuan rumah.


Memasuki menit 25, Filipina nyaris membuka skor pertama pada pertandingan ini. Beruntung, sundulan Angel Guirado yang memanfaatkan lemparan ke dalam Jason Sabio masih membentur mistar gawang dari Markus.


Indonesia bukan tanpa peluang, melalui serangan balik cepat. Oktovianus Maniani berhasil mendahului pemain Filipina melaju ke pertahanan tuan rumah. Sayang pemain Persiram Raja Ampat tersebut terlalu terburu-buru mengeksekusi bola.


Menit 43, Irfan Bachdim yang menerima umpan matang Patrich Wanggai, dijatuhkan oleh barisan pertahanan tuan rumah. Namun wasit tidak menyatakan hal itu sebuah pelanggaran.


Di babak kedua, Indonesia mencoba bermain lebih terbuka dan berani. Hasilnya pada menit 58 sebuah serangan dari sayap kanan Indonesia melalui kaki Okto Maniani berhasil mengirimkan umpan matang kepada Patrich Wanggai yang mampu keluar dari pengawasan bek Filipina melalui sundulan akurat.


Namun keunggulan tersebut hanya bertahan satu menit. Filipina langsung bereaksi atas gol tersebut dengan sebuah serangan cepat ke kotak penalti Indonesia. Sebuah kesalahan dari bek Indonesia berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh James Younghusband untuk menyamakan skor.


Tapi tiga menit kemudian kembali Indonesia kembali unggul 2-1, kali ini lewat gol yang dicetak oleh Irfan Bachdim memanfaatkan serangan balik yang berhasil menaklukkan kiper Filipina.


Tensi pertandingan semakin panas. Sebuah insiden pada menit 79 memaksa wasit mengeluarkan tiga kartu merah, satu untuk Indonesia (Irfan Bachdim) dan dua kartu untuk tuan rumah Filipina diberikan kepada Manny Ott dan Emelio Caligdong.


Petaka bagi Indonesia datang pada menit 83. Eksekusi tendangan bebas dari Denis Cagara di sisi kanan pertahanan Indonesia mampu disundul oleh James Younghusband untuk memberikan umpan kepada saudara kembarnya, Phil Younghusband yang tanpa ampun menghujamkan si kulit bundar ke gawang Markus.


Di sisa pertandingan kedua tim bermain lebih cepat. Sebuah peluang pada menit 89 hampir saja membuat Indonesia unggul. Sayang Samsul Arif terlalu lama membawa bola meskipun telah berhasil melewati satu pemain belakang Filipina, hasilnya bola tersebut berhasil. Begitu pula peluang dari Phil Younghusband saat injury time masih berhasil dihalau keluar oleh Markus Horison.


Namun hingga pertandingan usai skor imbang 2-2 bertahan untuk kedua tim.


Susunan Pemain


Filipina: Rolland Muller; De Murga, Gier, Jason Sabio, Denis Cagara, Angel Guirado, Angeles, Emelio Caligdong, Paul Mulders, Manny Ott, Denis Wolf


Indonesia: Markus Haris Maulana; Hamdi Ramdhan, Novan Setya, Rusdi, Novendri; Oktavianus Maniani, Irfan Bachdim, Bayau, Valentino; Patrich Wanggai
 (bola/dzi)

0 komentar:

Posting Komentar